BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Friday, May 6, 2011

Manfaat Sayur Kubis

Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer. Tumbuhan dengan nama ilmiah Brassica oleracea L. Kelompok Capitata ini dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Daun ini tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih, yang disebut krop, kop atau kepala (capitata berarti "berkepala"). Kubis berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat dan, walaupun tidak ada bukti tertulis atau peninggalan arkeologi yang kuat, dianggap sebagai hasil pemuliaan terhadap kubis liar B. oleracea var. sylvestris.

Nama "kubis" diambil dari bahasa Perancis, chou cabus (harafiah berarti "kubis kepala"), yang diperkenalkan oleh sebagian orang Eropa yang tinggal di Hindia-Belanda[rujukan?]. Nama "kol" diambil dari bahasa Belanda kool.
Berikut adalah manfaat yang diperoleh dari sayuran kubis :

1. Mencegah sariawan, tingginya kandungan vitamin C dalam kubis dapat mencegah timbulnya sariawan, jadi bagi anda yang merasa ada gejala sariawan, mengatasinya dengan banyak mengkonsumsi kubis dalam bentuk lalapan.

2. Melawan kanker, kandungan zat aktif dari kubis yaitu sulforafan dan histidine dapat menghambat pertumbuhan tumor, mencegah kanker kolon dan rektum, detoksikasi senyawa kimia berbahaya, seperti kobalt, nikel, dan tembaga yang berlebihan dalam tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kanker.

3. Membantu ibu menyusui, kubis dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat bengkak ketika menyusui.

4. Menurunkan kadar kolesterol, kandungan asam amino dalam sulfurnya juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, caranya pilih kubis yang baik kemudian cuci ¼ bahagian kubis segar berukuran sedang sampai bersih, bilas dengan air lalu potong potong seperlunya, jus kubis tersebut lalu minum sarinya sekaligus, lakukan secara rutin.

5. Mengurangi bengkak, kubis juga dapat digunakan untuk mengurangi bengkak pada tubuh, caranya dengan mengkompres bahagian tubuh yang sakit , bengkak atau nyeri sendi dengan daun kubis yang telah dibersihkan.

0 comments: