BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Wednesday, January 14, 2009

FASILITAS YANG DIMILIKI INTERNET

Secara garis besar internet memiliki beberapa fasilitas, fasilitas tersebut banyak digunakan oleh pengguna untuk memenuhi kepentingannya misalnya sebagai berikut:
a. Word Wide Web(WWW)
Merupakan salah satu fasilitas internet yang sangat populer yang berisi database yang bersifat terdistribusi dan dapat digunakan untuk memperoleh informasi atau bahkan melakukan transaksi(termasuk teks,audio,grafik dan video)dengan menggunakan fasilitas hyperlink.
b. Elektronik Mail(E-Mail)
Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat/berita dengan orang lain tanpa mengenal batas waktu ruang dan bahkan birokrasi.Surat elektronik(SurEl) banyak diguunakan karena mudah dalam pengeriman dan cepat dalam penyampaiannya.Surat elektronik/E-Mail tidak memerlukan perangko.Pemakai cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirimkan, surat akan sampai ke tujuan meskipun jarak antara pengirim dan penerima mencapai ribuan kilometer.
c. Mailing List
Digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan e-mail.Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar informasmi,pendapat secara jarak jauh.
d. News Group
Adalah suatu kelompok diskusi yang tidak menggunakan e-mail.Diskusi dilakukan dengan koneksi langsung ke lokasi newsgroup.
e. Chatting
Fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dalam ijnternet,umumnya fasilitas ini digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet.
f. File Transfer Protocol(FTP)
Merupakan suatu protocol yang digunakan untuk melakukan pengambilan arsip/file secara elektronik atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet.
g. Telnet
Telnet merupakan komponen klien/server yang terdapat dalam paket TCP/IP yang berfungsi untuk melakukan login(masuk ke dalam suatu sistem)jarak jauh.
h. Gopher
Fasilitas ini digunakan untuk menempatkan informasi yantg disimpan pada internet server dengan menggunakan hirarhki menu dan dapat digunakan untuk mengambil informasi.
(Sumber: Supriyadi,Eko.Lks TIK Kelas XI.Penerbit :SINAR MANDIRI)




0 comments: