BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Friday, March 18, 2011

Makanan adalah asupan yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan kegiatan hidup. Dengan makanan yang kita makan, maka metabolism tubuh berlangsung maksimal dan efektif. Makanan inilah yang memberikan tenaga, kalor, dan berbagai hasil lain yang terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Beberapa kriteria makanan sehat yang perlu kita perhatikan adalah:

* Tidak mengandung zat kimia berlebihan

Peranan zat kimia dalam masalah makanan sudah tidak dapat dielakkan lagi. Hal ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya pemakaian zat kimia dalam pengelolaan makanan, dari bidang pertanian sampai pada pengolaan hasilnya. Kita tidak dapat menghindar dari kondisi ini sebab perkembangan teknologi memaksa seperti itu. Tentunya kondisi ini berdampak pada pemenuhan kriteria makanan sehat yang kita konsumsi.

Meskipun demikian, agar makanan dapat masuk dalam kriteria makanan sehat, maka prosentase zat kimia yang terkandung didalamnya perlu diperhatikan. Memang, zat kimia ini tidak memberikan dampak pada waktu yang singkat. Tetapi ketika jumlah zat kimia tersebut sudah mencapai titik kejenuhan, maka zat kimia tersebut justru tidak baik bagi tubuh kita. Zat kimia ini dapat merusak organ tubuh.

Ada banyak zat kimia yang sekarang ini dipergunakan untuk makanan sehingga banyak yang melanggar kriteria makanan sehat yang layak dikonsumsi. Berbagai jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari tidak lepas dari campuran zat kimia di dalamnya sehingga sangat riskan terhadap tubuh kita. Oleh karena itu, jika kita ingin sehat, maka kita harus mampu memilah makanan yang sedikit zat kimia.

* Tidak mengandung zat pewarna kimia

Kadangkala, makanan yang kita konsumsi mempunyai warna tertentu. Warna dalam masalah makanan memegang peranan penting sebab dapat dijadikan sebagai pemikat minat konsumen. Biasanya, makanan yang mempunyai warna mencolok mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat, terutama anak-anak. Dalam kriteria makanan sehat, warna makanan juga perlu diperhatikan agar kita tidak terjebak pada kondisi negative.

Pada umumnya untuk mewarnai makanan kita dapat menggunakan pewarna alami, misalnya warna hijau dengan daun pandan betawi. Warna-warna ini sangat aman dipergunakan untuk mewarnai makanan sebab alami. Tetapi karena warnanya yang kurang menarik, kusam, walaupun sudah masuk dalam kriteria makanan sehat, maka oleh para produsen dipergunakan warna buatan.

Pewarna buatan yang banyak dipergunakan adalah pewarna kain. Sungguh sangat riskan dan memilukan jika kita telaah kondisi ini. Bagaimana tidak jika ternyata untuk menghasilkan warna yang cerah, maka makanan diberi pewarna kimia yang sebenarnya tidak diperuntukkan bagi makanan. Apa yang kita rasakan saat mengetahui bahwa makanan ini diberi pewarna kain, wenter? Tentunya kriteria makanan sehat tidak akan terpenuhi sebab makanan dengan pewarna buatan ini justru membahayakan tubuh kita.

* Tidak mengandung zat pengawet makanan

Kadangkala, kita membeli makanan tetapi tidak langsung habis kita makan pada saat tertentu. Jika kita simpan, maka akibatnya makanan tersebut menjadi basi dan tidak layak konsumsi lagi. Jika hal ini terjadi pada produk sebuah perusahaan, maka mereka akan merugi sebab masyarakat tidak akan mengkonsumsi makanan tersebut. Masyarakat sudah sangat memahami kriteria makanan sehat untuk kesehatan tubuh mereka.

Oleh karena itulah, maka perusahaan mempergunakan zat pengawet agar makanan produk mereka tidak gampang rusak, basi dan masih dapat dikonsumsi untuk jangka waktu yang lama. Tetapi, dalam hal ini yang penting bagi kita adalah makanan yang kita konsumsi sudah sesuai dengan kriteria makanan sehat. Jika tidak, lebih baik kita tidak membeli produk tersebut dan memenuhi sendiri makanan yang kita butuhkan untuk kesehatan tubuh kita.

0 comments: